RSS

perkembangan ekonomi syariah di indonesia


PERKEMBANGAN EKONOMI SYARIAH DI INDONESIA
Ekonomi syariah sedang mengalami perkembangan yang pesat baik di dunia dan khususnya di negeri kita Indonesia, banyak negara-negara yang mulai beralih dari ekonomi konvensional ke ekonomi syariah, hal ini sebagai antiklimaks atas kegagalan ekonomi konvensional menghadang badai dan terpaan krisis ekonomi, sistem yang dibanggakan masyarakat dunia ini ternyata belum kebal terhadap virus krisis ekonomi yang selama ini kita rasakan. Dari kelemahan yang terdapat dalam ekonomi konvensional itulah, sekarang masyarakat dunia mulai terpikat hatinya untuk mengkaji ekonomi syariah lebih dalam dan berharap ekonomi syariah bisa menjadi tonggak penahan krisis yang selama ini menghantui masyarakat dunia.Ekonomi syariah berkembang sangat pesat sekali hingga saat ini di Indonesia pangsa pasar yang memang notabennya kepada masyarakat yang beragama muslim dan tentu Indonesia adalah salah satu penduduk muslim terbesar di dunia. Pada awal perkembangan ekonomi syariah di Indonesia di mulai dengan didirikannya bank yang berbasis syariah yaitu bank muamalat berdiri pada tahun 1980-an namun realisasinya berdiri tahun 1991, oleh Bank Muamalat Indonesia.                          Bank Muamalat seendiri diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pemerintah serta dukungan dari Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan beberapa pengusaha muslim. Bank ini awalnya Memiliki landasan hukum yang lemah UU No.7 Tahun 1992 belum dijelaskan tentang bank syariah, namun setelah terjadi revisi muncul UU No 10 Tahun 1998 dan dengan revisi UU tersebut maka status bank syariah semakin kuat Bank Muamalat Indonesia juga sempat terimbas oleh krisis moneter pada akhir tahun 1990-an sehingga ekuitasnya hanya tersisa sepertiga dari modal awal. IDB kemudian memberikan suntikan dana kepada bank ini dan pada periode 1999-2002 dapat bangkit dan menghasilkan laba. Saat ini keberadaan bank syariah di Indonesia telah diatur dalam undang-undang yaitu UU No 10 tahun 1998 tentang Perubahan UU No 7 Tahun 1997 tentang Perbankan.
Setelah tahun 2007 terdapat 3 institusi bank syariah di Indonesia yaitu Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri dan Bank Mega Syariah. Sementara itu bank umum yang telah memiliki unit usaha syariah adalah 19 bank di antaranya merupakan bank besar seperti Bank Negeri Indonesia (Persero) dan Bank Rakyat Indonesia (Persero). System syariah juga telah digunakan oleh Bank Perkreditan Rakyat, saat ini telah berkembang 104 BPR Syariah.Setelah memasuki era tahun 2010 tidak hanya bank-bank syariah saja yang mengalami perkembangan ada juga ekonomi syariah yang bergerak di bidang koperasi bahkan sampai kepada pasar modal yang berbasis syariah, tentu perkembangan perekonomian syariah di Indonesia bisa dikatakan berkembang sangat pesat sekali.
Ekonomi syariah sedang mengalami perkembangan yang pesat baik di dunia dan khususnya di negeri kita Indonesia, banyak negara-negara yang mulai beralih dari ekonomi konvensional ke ekonomi syariah, hal ini sebagai antiklimaks atas kegagalan ekonomi konvensional menghadang badai dan terpaan krisis ekonomi, sistem yang dibanggakan masyarakat dunia ini ternyata belum kebal terhadap virus krisis ekonomi yang selama ini kita rasakan. Dari kelemahan yang terdapat dalam ekonomi konvensional itulah, sekarang masyarakat dunia mulai terpikat hatinya untuk mengkaji ekonomi syariah lebih dalam dan berharap ekonomi
syariah bisa menjadi tonggak penahan krisis yang selama ini menghantui masyarakat dunia.Dengan perkembangan yang pesat ekonomi syariah di Indonesia tentu ini akan membawa hal yang positif  bagi perekonomian negara.

0 komentar:

Poskan Komentar